Karakteristik Konsentrasi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV)

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik, dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa guna menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Jadi, DKV ini bisa diartikan perpaduan seni desain tradisional yang menggunakan pensil dan kertas dengan teknologi digital. Dalam proses pembelajaran 3 tahun, para peserta didik SMK Program keahlian Desain Komunikasi Visual memfokuskan diri pada keahlian di bidang DKV. Program Desain Komunikasi Visual (DKV) masuk dalam Bidang Keahlian Seni & Industri Kreatif. DKV adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik, dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku); mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan, baik sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya. Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien, dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran.

Kurikulum dan proses pembelajaran dirancang untu mendorong peserta didik untuk aktif, kreatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi generasi yang berbasis pada Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan praktik baik sekolah maupun praktik kerja lapangan dipersiapkan dengan baik untuk membentuk mental yang kuat dan mengasah ketrampilan serta keahlian peserta didik. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang siap bekerja, melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, atau berwirausaha.

Guru Produktif Desain Komunikasi Visual berjumlah 6 orang dimana selain memiliki pendidikan sesuai dengan yang disyaratkan, Guru Produktif DKV juga berlatar belakang pernah bekerja di industri serta telah mengikuti berbagai program pelatihan dan magang industri.

Tujuan utama dari SMK adalah peserta didik bisa cepat bekerja setelah lulus sehingga penekanan materi pembelajaran lebih kepada keahlian teknis, yaitu membuat sebuah karya desain komunikasi. Peserta didik akan difokuskan pada penguasaan sebuah software desain, seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop. Berikut merupakan beberapa mata pelajaran yang akan diajarkan pada SMK program keahlian Desain Komunikasi Visual :

  • Dasar-dasar Seni Rupa

Materi pokok mata pelajaran ini akan membahas mengenai unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa. Unsur-unsur ini di antaranya titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar.

  • Gambar

Mata pelajaran ini membekali peserta didik dengan teknik, media, dan alat yang digunakan untuk menggambar sesuai jenis gambar yang dibuat.

  • Sketsa

Materi pokok pada mata pelajaran ini adalah tentang pengertian, jenis, sejarah awal, perkembahan, dan tokoh seniman sketsa.

  • Desain Publikasi

Desain publikasi akan mempelajari tentang proses merancang hingga membuat konsep karya desain publikasi baik in-door maupun out-door.  Peserta didik juga akan dibekali bagaimana mempresentasikan konsep dasar branding dan komunikasi pemasaran dengan desain publikasi, hingga menghitung biaya produksi desain.

  • Komputer Grafis

Pada mata pelajaran Komputer Grafis, peserta didik akan diajarkan untuk mengolah gambar secara digital dengan bantuan software-software yang ada untuk menghasilkan gambar-gambar yang menarik sesuai imajinatif kreatif para desainer. Peserta didik akan diajarkan dan dilatih menguasai tools-tools dari sebuah software desain sehingga mereka bisa segera memahami tools yang akan digunakan dalam membuat sebuah karya desain.

  • Fotografi

Pada mata pelajaran Fotografi ini, peserta didik akan dikenalkan dengan berbagai macam jenis kamera, teknik penggunaan kamera, hingga mempresentasikan hasil karya fotografi. Peserta didik juga akan diajarkan bagaimana fotografi bisa menjadi sarana untuk menyampaikan informasi atau pesan sehingga selain menggunakan prinsip dan teknik secara estetika, fotografi juga terdapat strategi untuk menyampaikan pesan tersebut.

  • Videografi

Materi pokok pada mata pelajaran ini mengenai proses mempresentasikan konsep dan kegunaan videografi dalam Desain Komunikasi Visual, memahami proses dan teknik videografi hingga mempresentasikan hasil karya videografi. Secara teknis, peserta didik akan dibekali agar mampu berkarya videografi (membuat skenario iklan/film indie, storyboardshooting/pengambilan gambar produksi, editing-dubingpemberian animasi dan melakukan pasca-produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software yang ada misalnya adobe premier, pinnacle, dan corel video studio.

Lantas, apa saja kegunaan mempelajari dan menguasai Desain Komunikasi Visual ini?

DKV dapat menjadi sarana identifikasi. Dengan membuat desain tentang seseorang atau sebuah produk, akan mudah dikenali. Terlebih bagi produk yang dijual, akan lebih mudah untuk dikenali dan menarik minat konsumen. DKV juga sebagai sarana instruksi dan informasi. Sebagai sarana instruksi dan informasi, desain komunikasi visual bertujuan menunjukkan hubungan antara suatu hal dan hal lainnya dalam petunjuk, arah, skala, dan posisi. Kegunaan lainnya adalah DKV sebagai sarana promosi dan presentasi untuk menyampaikan pesan serta mendapat perhatian (atensi) secara visual sehingga mudah diterima dan diingat.

Kompetensi yang diajarkan :

  1. Branding & Advertising
  2. Ilustrasi & Sketsa
  3. Desain Grafis
  4. Fotografi
  5. Videografi

Ruang lingkup pekerjaan bagi kelulusan Konsentrasi Keahlian adalah jenis pekerjaan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI keahlian pada jenjang SMK antara lain:

DUNIA USAHA

LINGKUP PEKERJAAN

  1. Periklanan (Advertising)
  2. Media Massa, Televisi dan Perfilman
  3. Penerbitan dan percetakan (Publishing)
  4. Rumah Produksi (Production House)
  5. Game & Animasi
  1. Graphic Designer
  2. Web Designer (UI & UX Designer)
  3. 3D Modelling
  4. Youtuber & Selebgram
  5. Art Director
  6. Creative Director
  7. Videographer / Kameraman

Dengan memenfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan program keahlian Pemasaran juga dimungkinkan mengelola perusahaan untuk usaha mandiri. Selain itu dapat melanjutkan juga ke jenjang perguruan tinggi pada semua bidang keilmuan terutama yang terkait dengan tata niaga, marketing, komunikasi bisnis, manajemen bisnis, manajemen pemasaran dan sebagainya.

Berbekal pendidikan selama 3 tahun, SMK Program Keahlian Desain Komunikasi Visual akan membentuk tenaga profesional di bidangnya. Dengan mempelajari gabungan antara komunikasi dan unsur estetika, program keahlian ini juga tepat untuk mereka yang suka menggambar secara manual atapun menggunakan perangkat lunak desain grafis, fotografi, videografi, serta membuat animasi.

 

Tujuan Program Keahlian

Secara umum tujuan program keahlian Pemasaran adalah menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan nilai serta sikap yang terintegrasi dan kecakapan kerja dalam bidang Pemasaran dengan menerapkan kewiraswastaan serta mampu mengadaptasi perkembangan masyarakat yang sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi serta dapat memenuhi tuntutan dunia kerja masa sekarang dan masa yang akan datang. Secara khusus, tujuan program keahlian Pemasaran yaitu:

  1. Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
  3. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan kompetensi yang unggul.
  4. Menghasilkan lulusan yang kompetensinya diterima oleh industri
  5. Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat serta memiliki karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
  6. Membekali pelajar dengan kompetensi sesuai dengan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi      finansial).
  7. Memfasilitasi peserta didik dapat melampaui kompetensi sebagaimana terkandung dalam KKNI dan SKKNI bidang pemasaran.
  8. Membekali peserta didik dengan keahlian kecakapan hidup untuk pengembangan bakat dan minat.

 

Praktik Kerja Lapangan

Pelatihan kerja lapangan atau on-the-job training atau biasa disebut dengan PKL atau OJT adalah salah satu bentuk kegiatan yang bertempat di lingkungan kerja langsung. PKL merupakan implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Tujuan Praktik Kerja Lapangan (PKL) antara lain sebagai berikut.

  • Meluaskan wawasan dan Pandangan Siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana peserta didik melaksanakan PKL
  • Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia usaha
  • Untuk memperkenalkan peserta didik pada dunia usaha danindustri
  • Meningkatkan daya kreasi dan produktivitas tehadap peserta didik sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya

Mekanisme PKL SMK Negeri 2 Pemangkat pada Program Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) sebagai berikut.

  • Pemetaan Industri

Dalam hal ini tempat PKL merupakan industri yang saat ini sudah menjalin kerjasama dengan sekolah. Beberapa industri yang sudah bekerja sama yakni: 

1.       Rhudy Advertising Singkawang

2.       SM STUDIO Pemangkat

3.       Salon Photo Pemangkat

4.       Rhudy Advertising Pemangkat

5.       Digital Printing Pemangkat

6.       Mentari Pemangkat

7.       Optus Pemangkat

8.       Kantor Kecamatan Selakau

9.       Kantor Kecamatan Pemangkat

10.   KUA Pemangkat

11.   Balau Desa Sungai Nyirih

12.   Kantor Desa Parit Baru

13.   Kantor Desa Sebatuan

14.   Kantor Desa Harapan

15.   Kantor Desa Perapakan

16.   Kantor Desa Lonam

17.   Kantor Desa Jelutung

18.   Kantor Desa Penjajap

19.   Polsek Selakau

20.   Polsek Pemangkat

21.   Ismuhu Yahya Pontianak

22.   CV. Risha Pemangkat

23.   CV. BESS Pemangkat

24.   Puskesmas Sebangkau

25.   Puskesmas Selakau

26.   RS UMUM PEMANGKAT

27.   Hotel Grand Pemangkat

28.   Walikota Singkawang

29.   Diskominfo Singkawang